Mengembangkan Pengambangan Menuju Kelurahan yang Tarus Bakambang

Pengambangan Kirim 21 RT untuk Mengikuti Green And Clean

Banjarmasin, 8 April 2011.
Kelurahan Pengambangan mengirimkan utusan 21 orang Ketua RT dari 34 jumlah RT untuk mengikuti Lomba Banjarmasin Green and Clean 2011, demikian dikatakan Lurah Pengambangan Drs. Didiet Suryadi, M.M. Jumat (8/4) dalam meeting Triwulanan Dewan Kelurahan dan para Ketua RT di Balai Kelurahan setempat.
Menurut Lurah Didiet jumlah pengiriman tersebut melebihi standar minimal yang ditetapkan yakni hanya 10 RT dari masing-masin kelurahan, menurut lurah tujuan mengikuti event dengan jumlah yang lebih besar tujuannya agar Kelurahan Pengambangan hijau dan bersih menyeluruh disetiap RT.
Langkah awal adalah menggerakkan warga untuk melakukan gotong royong pada minggu (10/11) dengan menyebarv undangan sebanyak 1.050 lebar yang dibagi ke 21 RT khusus untuk peserta green and clean, di tegaskan Lurah Didiet minggu depan akan menggerakkan warganya di 13 RT dengan menggunakan pola yang sama sehingga dalam dua minggu berturut-turut warga di 34 RT digotong-royongkan.
Dalam membudayakan kebersihan perlu pentahapan-pentahapan yakni memulai dengan gotong royong yang di dahului dengan warga diundang secara tertulis kemudian dipertegas lagidengan pemberitahuan dan himbauan melalui pengeras suara di mesjid atau di langgar/mushola setelah dan sebelum gotong royong dihimbau untuk membersihkan disekitar rumah masing2--masing.
Warga dirasakan dan diperlihatkan dengan lingkungan yang bersih sampai mereka berkomentar "enak juga yah lingkungan yang bersih" kalau udah mengatakan demikian maka mereka akan terus tergerak untuk terus membersihkan lingkungannya. kemudian kegiatan ini terus berulang hingga ahirnya akan menjadikan sebuah budaya hidup bersih.
Ditambahkakan Lurah Didiet bahwa antusiansme kita terhadap kepedulian dalam lingkungan dimulai dengan dari diri sendiri (ifda binafsik)sehingga ketika kita menyuruh atau menghibau para ketua RT untuk menggerakkan warganya akan lebih meyakinkan.
Usai pengarahan dilanjutkan dengan penyerahan uang kehormatan RT sebesar Rp 900 ribu untu 3 bulan kepada 34 RT, 2 RW dan penyerahan uang oprasional DK sebesar Rp 1 juta untuk Triwulan pertama. (pgb)

Most Wanted